SMPK 5 PENABUR Jakarta: EFFECTIVE LEADERS TRAINING

Setelah libur Lebaran berakhir, pada tanggal 16 September 2010 bertempat di SMPK 5 Penabur dilaksanakan pelatihan untuk guru dan karyawan dari SMPK 5 dan SMPK 3. Pelatihan tersebut berlangsung dalam 1 hari dengan tujuan untuk membentuk pemimpin yang efektif. Pelatihan di beri judul Effective Leaders Training yang dibawakan oleh Bpk. Bambang Syumanjaya dengan timnya dari Familiy Discovery.

Dalam pelatihan yang disajikan begitu menarik oleh Tim Family Discovery diberikan juga permainan-permainan yang membuat antusias segenap guru dan karyawan yang mengikuti pelatihan tersebut. Di antara permainan itu adalah :

1. Kuda Berbisik : Dengan tujuan mengetahui seorang pemimpin untuk mengkomunikasi tujuan kepada teman-temannya.

2. Pengumpulan Uang : Semua peserta diberi modal sama, menjadi tanggung jawab peserta untuk mengembangkan modal itu menjadi besar.

3. Diberikan penilaian tentang kepemimpinan dengan total nilai, di mana jumlah nilai tersebut menunjukkan kita di level pemimpin yang mana.

Pada prinsipnya pada pelatihan tersebut dibagi dalam 3 topik yaitu:

  1. Prinsip-prinsip Kepemimpinan 2. Keunikan seseorang 3. Tipe-tipe Pemimpin.

Pemimpin tidak harus dia orang yang mendelegasikan tugasnya, tetapi pemimpin dapat ada di mana-mana, baik itu mereka yang punya jabatan atau yang dikatakan bawahan. Pemimpin yang baik harus dapat memberikan contoh apabila di depan, dia juga dapat membangun semangat, dan dapat mendorong tercapainya suatu tujuan. Setiap diri kita dapat menjadi pemimpin, tergantung bagaimana kita mengembangkannya. (Wakasis:Yunianto)