SISTER SCHOOL SMPK 5 PENABUR JAKARTA DENGAN SMPK NASIONAL PLUS PENABUR SUKABUMI

Hubungan baik antara SMPK 5 Penabur Jakarta dengan SMPK Penabur Sukabumi telah berjalan dengan baik selama ini, bahkan ketika SMPK Penabur Sukabumi masih bersifat regular. Hubungan ini semakin ditingkatkan dengan adanya program Sister School . Telah banyak hal dilakukan dalam rangka kerjasama Sister School ini diantaranya adalah: 1.    Program Live In yang telah berlangsung dua kali yaitu tahun 2008 dan baru-baru ini di tahun 2011. 2.    Praktek mengajar dari guru-guru SMPK 5 Penabur Jakarta di SMPK Penabur Sukabumi. 3.    Pendampingan secara administrasi dari SMPK 5 Penabur ke SMPK Penabur Sukabumi.

  Siswa dari SMPK 5 memperkenalkan diri

Untuk meningkatkan kerjasama ini pada tanggal 16 Maret 2011 rombongan besar dari siswa-siswa dan guru-guru berangkat ke Sukabumi untuk melaksanakan program Sparing Partner dan Micro Teaching. Mereka yang berangkat adalah : 1.    12 anak dari Tim Futsal 2.    11 anak dari Tim Basket 3.    10 anak dari tari tradisional dan modern 4.    4 guru  ( Fisika, Biologi, Matematika, dan Bahasa Inggris). 5.    3 guru pendamping dan 1 Kepala Sekolah.

Jalan yang tidak lancar berakibat waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Sukabumi menjadi lama, dari SMPK 5 Penabur rombongan berangkat pukul 06.30 WIB. Tiba di SMPK Nasional Plus Penabur Sukabumi pukul 11.00 WIB. Rombongan diterima baik oleh guru-ruru dan siswa-siswa dari Sukabumi. Rombongan beristirahat sebentar dan dilanjutkan makan siang.

Pada pukul 13.30 dimulailah upacara penyambutan, karena Kepala Sekolah SMPK Penabur Sukabumi sedang rapat dinas maka acar penerimaan ini diwakili oleh salah satu guru. Dalam pembukaan ini 4 siswa dari SMPK 5 Penabur menampilkan tari modern. Selesai upacara penyambutan dilaksanakan pertandingan persahabatan.

 Penampilan modern dance dari SMPK 5

Pertandingan persahabatan yang pertama adalah pertandingan Basket. Pada quarter  pertama Tim SMPK 5 memang bukan tandingan dari Tim SMPK Sukabumi. Tim tuan rumah tertinggal jauh dengan score 12 – 2. Pada quarter kedua tim tuan rumah mulai menunjukkan perlawanan, hingga pada akhir quarter ke 4 kedudukan 34 – 19 untuk kemenangan Tim tamu.

Tim basket  (atas Penabur Sukabumi, bawah SMPK 5)

Pertandingan persabatan kedua adalah Futsal, pertandingan futsal dilaksanakan di lapangan lama yaitu komplek SDK dan SMPK Penabur regular mengingat bahaya dari bola yang bias merusak fasilitas sekolah. Seluruh rombongan berjalan kaki menikmati pemandangan kota Sukabumi menuju sekolah lama. Pada pertandingan futsal inipun SMPK 5 juga memimpin peroleh goal. Hingga pada akhir pertandingan kedudukan 10 – 3 untuk kemenangan SMPK 5.

Hal terpenting dari pertandingan persahabatan ini bukanlah kemengan tetapi hubungan yang baik antar siswa, guru, sekolah di lingkungan Penabur. Pada malam harinya seluruh guru dan siswa beristirahat di wisma dekat sekolah yang sangat sederhana. Kegiatan hari pertama ditutup dengan jalan-jalan malam di kota Sukabumi.

 Mrs Advir and her student

Pada hari kedua giliran guru-guru yang beraktifitas mengajar di SMPK Penabur Sukabumi, diantara Miss Elizabet mengajar bahasa Inggris di kela 8B dengan materi Present tense. Mrs. Rosa mengajar di kelas 7A dengan materi Plant , Mrs Advirgetsy  mengajar di kelas 8A dengan materi Gerak/Mobil, dan terakhir Mr Yoga mengajar di kelas 7B dengan materi Triangle . Guru-guru ini mendpat sambutan luar biasa dari para siswa terbukti dari konsentrasi siswa yang penuh terhadap materi yang disajikan. Semua materi diajarkan dalam bahasa Inggris.

Mrs Rosa in action

Jam  mengajar selesai masih dilanjutkan dengn game memasak nasi goreng dengan tim campuran dari siswa-siswa Penabur Sukabumi dan Penabur 5 Jakarta. Pada akhirnya kegiatan selesai pukul 12.00 siang. Sebelum salam penutupan tim tari tradisional dari SMPK 5 menampilkan tarian Melayu yang mendapat sambutan sangat meriah.  Dalam salam penutupnya Miss Rina selaku kepala Sekolah berharap bahwa kerjasama dapat dilanjutkan . Demikian pula Kepala Sekolah SMPK 5 menutupnya dengan memberikan kenang-kenangan hasil karya siswa PTD.

Miss Ely “ Let us sing “

Tepat Pukul 13.30 Rombongan meninggal Sukabumi setelah berfoto bersama di depan loby. Perjalanan tidak begitu lancar, Puji Kepada Tuhan telah menghantarkan rombongan dengan selamat tiba di SMPK 5 Penabur pukul 17.45. WIB. Begitu banyak hal yang diperoleh dari kegaitan ini, Kita berharap kegiatan akan dapat dilanjutkan. Dalam hati kami berjanji apabila Tuhan Yesus berkenan I `ll be back.

   (Yunianto/SMPK 5)