LAPORAN KEGIATAN MPLS2B Tahun Pelajaran 2018/2019

Terpujilah Tuhan atas terlaksananya kegiatan Masa Pengenalana Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 boleh berjalan dengan baik. semuanya itu atas kemurahan kasih dan penyertaanNya mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pembuatan laporan pertanggung-jawabannya. kegiatan ini juga boleh berjalan dengan baik atas dukungan dan semangat dari semua pihak baik, guru, orang tua, dan OSIS SMPK 5 PENABUR. Dalam kesempatan ini, izinkanlah kami, panitia MPLS2B Tahun pelajaran 2018/2019 memaparkan laporan pertanggungjawaban kegiatan tersebut.

PELAKSANAAN:

Hari/Tanggal                  :Jumat, 13 Juli 2018 s/d Jumat, 20 Juli 2018

Waktu                               :Pukul 06.55-14.30 WIB

Acara                :

Jumat, 13 Juli 2018

  1. Serah terima siswa baru, briefing pra MLS2B dan morning tea.

Proses serah terima dan penyambutan siswa baru dari pihak orang tua kepada sekolah. Pihak sekolah diwakili oleh Ibu Ester Junianti dan Ibu Vivi Soewondo, pihak orang tua yang mewakili Bp. Adi Kurniadi dan.Ibu Silvia Margaretha. Selanjutnya siswa baru briefing untuk persiapan MPLS2B di aula, sedangkan orang tua dan guru-guru pengajar kelas 7 bersama-sama dalam kebersaman dalam acara morning tea.

 

Senin, 16 Juli 2018

Hari Senin diawalai dengan Upacara bendera mengawali Tahun Pelajaran 2018/2019 diikuti oleh siswa kelas,7, 8 dan 9 beserta guru dan pegawai

  1. Tata tertib MPLS2B dan pengenalan OSIS

Sesi ini dibawakan oleh ibu Vivi, ibu Yunita dan OSIS P5, dengan tujuan agar pelaksanaan MPLS2B berjalan lancar dan nyaman, serta memperkenalkan anggota OSIS yang akan memfasiltasi peserta selama MPLS2B

  1. Program Ciri Khas Sekolah

Sesi ini tentang Website SMPK 5 yang menjadi salah satu ciri khas SMPK 5. Pembicara sesi ini adalah Pak Andreas menjelaskan tentang website, moodle, dan agenda kelas SMPK 5, juga Google Apps yang bekerja sama dengan BPK PENABUR.

  1. Lagu-lagu Daerah, Nasional dan Rohani

Sesi ini Ibu Novi memimpin sesi lagu-lagu daerah, nasional, dan rohani. Beliau membahas lagu-lagu daerah, dimulai dengan bertanya asal daerah para peserta MPLS2B. Ibu Novi didampingi oleh anak-anak OSIS

  1. Pramuka

Sesi Pramuka oleh Pak Bina Tarigan. Pak Bina yang merupakan salah satu Kakak Pembina pramuka menjelaskan program Pramuka yang akan dilaksanakan 1 tahun ke depan.

  1. Napza

Sesi berikutnya, NAPZA, dibawakan oleh Ibu Yunita didampingi oleh Btari dan Naomi sebagai salah satu anggota Peer Educator NAPZA.  Sesi ini membahas ‘window drugs’, pembagian jenis-jenis NAPZA (stimulant, depresan, dan halusinogen) beserta dampak dan contoh-contohnya. Tak luput juga tips-tips ampuh untuk menghindari dan menolak godaan atas penggunaan NAPZA.

 

  1. Cara Belajar yang Efektif

Ibu Rieke menjelaskan definisi dari belajar serta tiga pembagian cara belajar. Auditori, tipe belajar yang mengandalkan indra pendengaran. Visual, tipe belajar yang mudah dilakukan jika banyak membaca dan melihat. Serta Kinetik, tipe belajar paling dinamis yang mencakup banyak gerakan tubuh.

Selasa, 17 Juli 2016

  1. Tata Krama dan Bullying

Sesi ini dibawakan oleh ibu Rieke, pada sesi ini peserta MPLS2B diajarkan mengenai pengertian tata krama, pentingnya tata krama, ciri individu bertata krama, dan juga mengenai dampak negatif bullying dikalangan remaja.

 

  1. Pengenalan Kurikulum

Sesi ini dibawakan oleh pak Kasman, peserta MPLS2B diberitahukan mengenai kurikulum yang berlaku di SMPK 5 Penabur, KKM untuk setiap pelajaran, cara penilaian Kurikulum Nasional, rumusan perhitungan nilai, dan kriteria kenaikan kelas.

 

  1. Tata Upacara dan Baris-Berbaris

Bersama Pak Tommy dan Pak Ari, mereka diajarkan cara istirahat di tempat, posisi siap, hadap kanan dan kiri, balik kanan, lencang kanan dan lencang depan, serta berhitung. Para peserta melakukannya dengan baik dan tertib.

  1. Perpustakaan

Sesi tentang Perpustakaan dibawakan oleh Pak Sambodo, selaku salah satu pustakawan sekolah. Bapak Sambodo menjelaskan tentang arti perpustakaan, sistem pelayanan, sistem klasifikasi. Tata tertib perpustakaan, motto, jam operasional. Beliau juga berkata bahwa akan ada program silent reading.

Rabu, 18 Juli 2018

  1. PKBN2K

Ibu Debora membawakan sesi PKBN2K. Beliau mengajak para siswa agar mau mengenal, mengalami, dan melakukan kasih sehingga menjadi lulusan BEST ( Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society,  Trust in God ).

  1. Tata Tertib

Sesi selanjutnya yaitu Tata Tertib Peserta Didik oleh Ibu Vivi. Ibu Vivi menjelaskan tata tertib yang ada di sekolah seperti jadwal masuk peserta didik, larangan membawa handphone,menjaga kebersihan, ibadah dan upacara, serta konsekuensi yang akan didapat jika melanggar tata tertib.

  1. Cyber (Social Media)

Sesi ini dibawakan oleh Pak Andreas, menjelaskan tentang manfaat, pengaruh media sosial yang telah menjadi bagian dalam kehidupan dan pergaulan remaja sekarang.

  1. Wawasan Wiyata Mandala

Sesi Wawasan Wiyata Mandala oleh Ibu Uli. Ibu Ulii menjelaskan dan memperkenalkan lingkungan sekolah SMPK 5, peserta MPLS2B juga dibawa berkeliling agar dapat mengenal lingkungan sekolahnya.

Kamis, 19 Juli 2018

  1. Demo Ekskur

Kegiatan Demo Ekskur ini diawali oleh Ibu Eko Y yang memberikan pengarahan tentang 23 Ekskur yang ada di SMPK 5, berikut jadwalnya. Setelah pengarahan singkat masing-masing Pembina Ekskur dan timnya mempresentasikan profil kegiatannya, beberapa jenis Ekskur memberikan pertunjukan Ekskurnya.

Jumat, 20 Juli 2018

Outing MPLS2B/Kebersamaan Siswa kelas 7

Seluruh rangkaian acara MPLS2B ditutup dengan acara kebersamaan (outing) di Argo Wisata Gunung Mas, Puncak, Bogor. Adapaun rangkaian acara kebersamaan ini antara lain: 7 Macam permainan kelompok seperti Roda Cinta, Tarik Tambang, Hola Love, Jembatan Cinta, Transfer Golft, dan Robot Cinta, kemudian peserta diajak untuk hiking area Gunung Mas dan foto bersama angkatan ke-24. Acara ini merupakan sarana mempererat siswa baru kelas 7 baik dari sekolah yang sama ataupun berbeda.

 

 

Fasilitator: Dra. Ester Junianti,MM, Vivi Soewondo, Roma Uli, Kasman Tampubolon, Eko Yuliastuti,Yunita Veronika, Andreas Kristiadi, Joshua Michael, Tommy Fondy, Rieke, A rie Kristanto, Noviany Dian, Debora Sitompul, Priyo Sambodo, Olivia Kristanti, Evlin Lucvanna, Titi Lestari, Andre Sitepu, Bina Tarigan, Ria Widhayatiningtyas, Bintang Ronauli (Semua adalah Guru SMPK 5 PENABUR)

 

Hasil Angket MPLS : 

Siswa diberikan tiga angket mengenai barang bawaan yang harus dibawa, angket observasi selama MPLS2B, dan angket evaluasi MPLS2B.

Berdasarkan 187 siswa peserta MPLSB2 yang hadir mengisi seluruh angket adalah 187 siswa.

Hasil angket tentang barang bawaan dan apa yang harus dipakai peserta didik MPLS2B adalah tidak ada yang bersifat negatif.

Hasil angket observasi tentang panitia, peserta dan fasilitas selama MPLS2B adalah tidak ada yang bersifat negatif.

Hasil angket evaluasi untuk materi yang  sudah diperoleh selama kegiatan MPLS2B adalah mereka sebagian besar sudah mengetahui seluruh materi MPLS2B.

 

Mengetahui                                                                                                       Jakarta,   Juli 2018

Kepala SMPK 5 PENABUR                                                                            Wakasis

 

 

Dra. Ester Junianti,MM                                                                              Vivi Soewondo