HUT PRAMUKA ke-57 “PRAMUKA PEREKAT NKRI”

Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.

Sebagai ekskur wajib bukan tanpa alasan karena di Pramuka anak-anak ditempa menjadi pribadi yang bermentak kuat, taat pada keyakinan agamanya, cerdas, sehat dan kuat fisiknya serta berjiwa Pancasila.

Keberadaan Pramuka tidak terlepas dari sejarah dan penetapan 14 agustus menjadi HUT Pramuka Indonesia karena pada tanggal itulah ditahun 1961 dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti  oleh sekitar 10.000 Pramuka. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA yang diperingati hingga sekarang. (sumber https://pramukaria.blogspot.com/2014/05/sejarah-singkat-kepramukaan-di-indonesia.html)

Selasa, 14 Agustus 2018 adalah peringatan HUT Pramuka ke-57 edaran dari pemerintah pada hari itu seluruh siswa maupun guru menggunakan seragam pramuka lengkap dan mengadakan upacara.

Yang bertugas dalam upacara ini adalah kakak-kakak Pembina pramuka di SMPK 5 PENABUR dengan Kakak Daeng sebagai Pemimpin upacara, Kakak Suratno sebagai Pembina upacara, kak Bina, kak Andre dan kak Josua sebagai Pleton. Kakak Yunita sebagai Protokol dan Kak Novi sebagai pembaca Dasa Darma

Upacara berjalan dengan baik. Dalam amanatnya kak Suratno berpesan untuk senantiasa taat pada peraturan sekolah.

Dirgahayu HUT Pramuka Indonesia ke 57 “PRAMUKA PEREKAT NKRI”

cek videonya disini

Galeri dibawah