SOSIALISASI KURIKULUM DAN PROGRAM SMPK 5 PENABUR

Tahun pelajaran 2017/2018 telah usai, Tahun pelajaran 2018/2019 kini mulai lagi, siswa baru, ada guru baru, program baru dan masih banyak lagi yang baru. Semua dimulai dari awal kembali. Kelas 7 naik ke kelas 8, kelas 8 naik ke kelas 9 dan kelas 6 SD yang dulunya masih seragam putih merah sekarang dengan gagahnya memakai putih biru, pakai rompi kotak-kotak sekolahnya di SMPK 5 PENABUR lagi. Lengkap sudah  kebahagiaannya.

Kegiatan masa pengenalan siswa baru sudah selesai. Siswa sudah mengenal dan mengetahui program dan kegiatan yang akan diikuti, sudah tahu tata tertib yang harus dipatuhi. Dan sudah saling mengenal teman satu kelas maupun satu angkatannya.

Jika siswa sudah tahu, maka orang tua sebagai stake holder SMPK 5 PENABUR juga wajib mengetahui kegiatan ataupun program yang akan diikuti oleh putra-putrinya selama satu tahun pelajaran. Oleh karena itu Pertemuan Orang Tua atau yang sering disingkat POT jadi agenda wajib di SMPK 5 PENABUR.

Kegiatan POT ini bertujuan agar orang tua yang menyekolahkan putra/putrinya di sekolah ini, dapat mengenal sekolah ini lebih baik lagi , dapat mengenal guru2 lbh dekat, dan dapat bekerja sama dgn sekolah dalam berbagai hal.

Untuk memaksimalkan kegiatan POT tersebut maka kegiatan ini diadakan 2 kali. Kelas 7 dan 8 minggu pertama pada tanggal 04 Agustus dan kelas 9 pada 11 Agustus. Kegiatan ini bertampat di Aula SMPK 5 PENABUR dan dimulai pukul 07.30 s.d. 10.30

4 Agustus 2018

Sabtu, 4 Agustus 2018 menjadi pertemuan orang tua pertama di tahun pelajaran ini dan juga perdana bagi orang tua siswa kelas tujuh angkatan 24. Kegiatan ini dimulai dengan Renungan pagi yang dibawakan oleh Bapak Josua, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu Mars BPK PENABUR yang dipandu oleh Bapak Arie Kristanto.

POT kelas 7 & 8 dibagi dalam beberapa sesi seperti yang dijabarkan berikut ini.

Perkenalan guru dan karyawan oleh Ibu Kepala sekolah yang selanjutnya diikuti dengan program sekolah selama satu tahun pelajaran berjalan. Di sesi ini Ibu kepala sekolah menjelaskan program yang akan diikuti oleh peserta didik kelas 7 dan 8 diantaranya kegiatan Karyawisata bagi kelas 7, Bina Iman bagi kelas 8, Immersion program ke Singapura, Immersion program ke Jepang dan Australia. Winter camp ke China. Jadwal belajar selama satu tahun pelajaran dan diakhir sesi ibu Ester berpesan untuk memperhatikan jadwal tersebut dan memperhatikan kegiatan putra-putrinya di rumah

Sesi berikutnya diisi oleh Bapak Kasman Tampubolon untuk menjabarkan bidang kurikulum. Di sesi ini orang tua tahu kriteria kenaikan kelas, jadwal pelajaran, KKM tiap mata pelajaran, penghitungan nilai rapor, program remedial dan masih banyak lagi.

 

Sesi berikutnya penjabaran bidang kesiswaan oleh ibu Vivi Soewondo. Disesi ini orang tua tahu secara detail tata tertib yang berlaku di SMPK 5 PENABUR seperti keterlambatan, jadwal pemakaian seragam dan sanksi jika melanggar peraturan. Ibu Vivi juga menjelaskan alur dalam penanganan kasus di SMPK 5 PENABUR. Diakhir sesi Ibu Vivi juga mengingatkan untuk mengumpulkan lembar Tatib yang sudah ditandatangani oleh anak dan diketahui oleh orang tua supaya dikumpulkan. Sesi ini ditutup dengan quotes di slide akhir.

Kerjasama antarpeserta didik, orangtua,  dan sekolah  akan menciptakan suasana sekolah yang lebih Nyaman, Tertib, dan disiplin.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Ibu Roma Uli (Wakil Kepala Sekolah Bidang Administrasi) dalam sesi ini orang tua mengetahui adanya perubahan pembayaran uang sekolah yang dulunya dari Agustus sampai dengan Juni dimajukan menjadi Juli sampai dengan Mei. TETAP 11 bulan juga. Orang tua juga diinformasikan tentang pembayaran uang sekolah paling lambat tanggal 5 setiap bulannya, media penyampaian informasi melalui WA, Agenda siswa Web sekolah maupun aturan parkir di depan sekolah. Sesi ini ditutup dengan quotes diakhir slide “Pemikiran sekolah, guru, dan orang tua adalah rekan sekerja akan menumbuhkan kerjasama yang harmonis”

Sesi berikutnya diisi dengan pemaparan kegiatan ekskur yang ada di SMPK 5 PENABUR sekaligus dengan jadwal ekskur tersebut dilaksanakan.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan dari BK tentang KKO (kelompok Kepedulian Orang tua) di sesi ini Ibu diputar video kegiatan KKO tahun pelajaran 2017/2018 sebagai informasi pelengkap tentang apa itu KKO dan apa saja kegiatan maupun topik yang akan dibahas dalam KKO tersebut. Tidak lupa diakhir sesi Ibu Olivia mengajak orang tua untuk ikut dalam kegiatan KKO tersebut.

Sesi terakhir diisi oleh Ibu Debora Koordinator PKBN2K SMPK PENABUR Jakarta. Pendidikan Kristiani Berbasis Nilai-Nilai Kristiani menjadi bagian tak terpisahkan bagi peserta didik yang menuntut ilmu di SMPK 5 PENABUR.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Giliran orang tua kelas 9 yang diundang untuk hadir dalam sosialisasi program dan kurikulum SMPK 5 PENABUR Tahun Pelajaran 2018/2019. Hampir sama dengan POT kelas 7 & 8, namun yang berbeda adalah persiapan anak kelas 9 dalam menghadapi ujian kelulusan.

Sesi pertama dimulai dengan renungan yang dibawakan oleh Bapak Arie Kristanto, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars BPK PENABUR yang dipandu oleh Ibu Rieke sebagai MC dan langsung dilanjutkan dengan perkenalan guru pengajar di kelas 9 oleh kepala sekolah. Di sesi pertama Ibu Kepala sekolah berpesan untuk tidak focus melihat jadwal libur karena seringkali ada agenda kegiatan mendadak informasinya yang seringnya dating dari Dinas/pemerintah.

Sesi selanjutnya diisi oleh sosialisasi PSB oleh SPK PENABUR Kelapa Gading dan SMAK 7 PENABUR. Di sesi ini orang tua di berikan piliahn untuk melanjutkan sekolah di SMAK PENABUR baik program nasional maupun Internasional

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan program kurikulum oleh Bapak Kasman. Sesi ini focus untuk membahas persiapan anak dalam menghadapi ujian kelulusan dan juga kriteria kelulusan. Tidak lupa jadwal pemantapan dan juga TO yang akan dilaksanakan mulai 15 Agustus 2018.

Untuk sesi berikutnya kurang lebih sama dengan POT kelas 7 & 8.

Di akhir sesi ada sosialisai DofE oleh Bapak Anto. DofE adalah singkatan dari Duke of Edinburgh award.

Demikian sekilas cerita tentang Pertemuan orang Tua kelas 7, 8 dan 9 SMPK 5 PENABUR. Tuhan memberkati dan menolong kita dalam menjalakn program dan kegiatan selama satu tahun pelajaran ini.

untuk video bisa di cek disini

Galeri